Jaringan Masa Depan: Teknologi Terbaru yang Wajib Kamu Tahu!

Jaringan Masa Depan: Teknologi Terbaru yang Wajib Kamu Tahu!

Model bahasa yang besar tidak akan menggantikan browser tradisional dalam waktu dekat, tetapi mereka telah menjadi tanggung jawab lain bagi merek

Chatbot menjadi sumber utama jawaban daring bagi banyak konsumen, mengikis dominasi pencarian web tradisional dan menambah jalur penjangkauan lain yang harus dikembangkan merek untuk terhubung dengan pelanggan.

Baca juga: 5 Kesalahan Umum Saat Menggunakan Agile dan Cara Menghindarinya

Diperkirakan 5,6% lalu lintas pencarian AS pada peramban desktop bulan lalu masuk ke model bahasa besar bertenaga AI seperti ChatGPT atau Perplexity, menurut Datos, sebuah firma intelijen pasar yang melacak perilaku pengguna web.

Angka tersebut tidak seberapa dibandingkan dengan 94,4% yang masih menggunakan mesin pencari tradisional seperti Google milik Alphabet atau Bing milik Microsoft , yang telah mencoba untuk mengalahkan pesaing baru dengan menambahkan ringkasan kecerdasan buatan di bagian atas hasil pencarian mereka.

Namun, persentase lalu lintas yang mengarah ke pencarian AI berbasis peramban telah meningkat lebih dari dua kali lipat sejak Juni 2024, ketika angkanya mencapai 2,48%, menurut Datos, bagian dari perusahaan perangkat lunak pemasaran Semrush . Angka ini meningkat lebih dari empat kali lipat sejak Januari 2024, ketika angkanya hanya di bawah 1,3%.

Pertumbuhan pesat dalam pencarian AI dapat menandai perubahan besar dalam perilaku daring yang sebanding dengan kemunculan peramban web Google dan platform media sosial pertama, menurut Eli Goodman, kepala eksekutif dan salah satu pendiri Datos.

Angka tersebut lebih mencolok di kalangan yang disebut pengguna awal, atau konsumen yang sudah mulai menggunakan LLM di peramban desktop saat Datos mulai melacak perilaku mereka pada bulan April 2024.

Empat puluh persen kunjungan peramban desktop di antara para pengguna awal ini ditujukan ke LLM, naik dari lebih dari 24% pada Juni 2024, menurut riset Datos. Pangsa lalu lintas peramban desktop dari para pengguna awal ini di mesin pencari tradisional turun signifikan pada periode yang sama, menjadi 61% pada Juni dari sekitar 76% pada tahun sebelumnya.

Jumlah waktu yang dihabiskan konsumen di seluruh dunia di aplikasi dan situs web pencarian tradisional menurun 3% dari April 2024 hingga April 2025, menurut laporan yang dirilis bulan lalu oleh firma riset pasar Sensor Tower. Penurunan ini dua kali lebih tinggi di kalangan pengguna awal, yang didefinisikan sebagai orang-orang yang pertama kali mengunduh ChatGPT pada tahun 2023, menurut laporan tersebut.

Penggunaan produk pencarian tradisional Google masih berkembang, dan ikhtisar AI yang sekarang muncul pada pencarian Google menghasilkan lebih banyak pertanyaan yang menghubungkan konsumen dengan bisnis, kata juru bicara Google.

Baca juga: Hadiri Penutupan Bandar Lampung Expo 2025, Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Nasrullah Yusuf Apresiasi Kreativitas dan Kolaborasi

Pertumbuhan pencarian AI, ditambah munculnya ikhtisar AI di peramban pencarian tradisional, kemungkinan akan semakin menekan lalu lintas pencarian ke situs web tempat merek telah lama mengarahkan energi, sumber daya, dan iklan pencarian, menurut Neil Vogel , CEO Dotdash Meredith, penerbit majalah dan merek digital termasuk People dan Better Homes & Gardens.

Penulis: Indra

More From Author

Pedro Pascal Mengungkapkan Keengganannya untuk Memangkas Jenggot Setelah “Wonder Woman 1984”

Ariadi B. Jangka Kembali Terpilih sebagai Ketua PWI Bireuen Periode 2025–2028

Ariadi B. Jangka Kembali Terpilih sebagai Ketua PWI Bireuen Periode 2025–2028

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories